Sistem persamaan linier dua variabel adalah bahan ajar yang diberikan di kelas VIII yang masih dianggap sukar dipahami oleh peserta didik. Upaya agar siswa mudah memahami materi ini salah satunya dengan menerapkam model pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini model yang dipakai yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH). Dengan harapan nantinya nilai setiap siswa khususnya dalam matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menjadi lebih baik. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh. Untuk mendukung tujuan utama pada penelitian ini, peneliti menggunakan data pendukung aktivitas siswa untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran. Populasi pada peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya yaitu kelas VIII1 SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan jenis one-shot case study dengan pendekatan kuantitatif. Data utama dikumpulkan menggunakan data hasil tes dan untuk data pendukung digunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data dari 29 siswa didapat  = 67,78   dan  maka didapat   pada taraf signifikan . Berdasarkan kriteria pengujian hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH dapat melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) Kata Kunci:     sistem pesamaan linier dua variabel, model pembelajaran kooperatif tipe structured numbered heads (SNH) dan hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019