Jumlah siswa yang remedial di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren setiap tahunnya selalu meningkat, artinya siswa belum mencapai ketuntasan hasil belajar atau melebihi KKM. CTL berbasis etnomatematika diharapkan dapat membantu siswa memperoleh nilai melebihi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis etnomatematika pada materi geometri di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL (Contekstual Teaching Learning) berbasis etnomatematika pada pembelajaran geometri (segi empat dan segitiga) di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren, dari 20 siswa yang mengikuti pembelajaran selama 3 kali pertemuan dan mengikuti tes hasil belajar, dengan rata-rata nilai 76,35 sebagaimana nilai acuan pada penelitian ini adalah 71, setelah datanya diuji menggunakan aplikasi SPSS versi 22 didapatkan datanya normal, maka data diuji dengan uji parametrik menggunakan uji One Sample T-test, setelah olah data dilakukan diperoleh , yaitu maka dapat disimpulkan bahwa 20 siswa di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren telah berhasil memperoleh nilai melebihi KKM. Implikasi kajian yaitu pelaksanaan pembelajaran geometri melalui pendekatan CTL berbasis etnomatematika dapat diperluas pada materi matematika lain yang memiliki karakteristik yang sesuai. Kata Kunci:     contextual teaching learning, etnomatematika, geometri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019