JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 14, No 1 (2021): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 14 Nomor 1 Februari

PENGEMBANGAN DESAIN RPP DAN ASESSMEN HARDSKILLS MATEMATIKA PESERTA DIDIK TINGKAT MENENGAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Dona Dinda Pratiwi (Unknown)
Cahniyo Wijaya Kuswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Setiap bahan ajar yang disiapkan berfungsi sebagai sarana penunjang pembelajaran agar kualitas pembelajaran dan pemahaman anak terus meningkat, karena bahan ajar cetak ini dilengkapi dengan materi yang diberikan dalam buku teks dan materi yang diberikan secara lisan. Tujuan pengembangan produk adalah untuk memfasilitasi desain RPP (RPP) dan penilaian hard skill matematika pada kurikulum 2013 tingkat menengah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan pendekatan ADDIE yang melibatkan 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi untuk memberikan masukan terkait produk dan 30 guru matematika kompeten di 6 sekolah yang tersebar di Provinsi Lampung menjadi responden dalam penyusunan produk ini. Hasil penelitian menemukan bahwa handout ini menambah wawasan sekaligus memudahkan guru dalam menerapkan strategi, metode, dan pendekatan yang disusun ke dalam RPP. Selain itu, Handout ini memberikan kesempatan kepada guru untuk lebih mendalami kemampuannya dalam menyusun dan mengaplikasikan beberapa metode, model, pendekatan pembelajaran dalam membuat RPP dan kemudian mudah diterapkan. Bahan ajar ini merupakan alternatif dan kemudahan bagi guru untuk merancang RPP dan menilai hard skill matematis siswa tingkat menengah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...