BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya
Vol 4, No 2 (2020)

PERSUASI DALAM IKLAN PRODUK DI TELEVISI

Rahmah, Hanifa (Unknown)
Martutik, Martutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk diksi dalam iklan produk, (2) metode persuasi dalam iklan produk di televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kata dan kalimat hasil transkrip dari tuturan narator dan bintang iklan pada iklan produk di televisi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dan catat. Analisis data yang dilakukan meliputi proses pengambilan data, reduksi data yaitu identifikasi, pengodean, dan klasifikasi. Kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk teks naratif dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, bentuk diksi yang terdapat dalam iklan produk meliputi kata bermakna denotasi, kata bermakna konotasi, kata abstrak, kara konkret, kata umum, kata khusus, kata ilmiah, kata populer, kata asing, kata serapan, dan slang. Kedua, metode persuasi yang digunakan dalam iklan meliputi metode asosiasi, metode icing device, metode fear arousing, dan metode pay off idea.Kata kunci: iklan televisi, diksi, metode persuasi.

Copyrights © 2020