Matahari Departement Store pada lima tahun terakhir mengalami peningkatan pejualan sebanyak 0,59% maka penyusun mengindikasikan adanya faktor yang mempengaruhi peningkatan penjualan tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan E-CRM, Kepuasan pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan pada Matahari Departement Store, sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga variable, yaitu E-CRM (X1), Kepuasan Pelanggan (X2), dan Loyalitas Pelanggan (Y). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Untuk mendapatkan jumlah sampel yang lebih representative, maka teknik sampling atau perhitungan berapa jumlah sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Karawang yang menjadi pelanggan Matahari Departement Store. Hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-CRM (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) berpengaruh positif terhadap Loyaltas Pelanggan secara parsial (sendiri-sendiri) maupun simultan (bersama-sama) meskipun perannya belum menunjukkan pengaruh yang tinggi dengan hasil 11,5%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021