Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap produk barang dari kulit samak ukir dan produk barang dari kulit samak tidak diukir yang akan berpengaruh terhadap keputusan membeli. Sampel dalam penelitian ini adalah pembeli barang kulit samak yang diukir maupun yang tidak diukir Kota Malang dengan responden 90 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner. Pengukuran sikap konsumen dilakukan pada tiga kategori yaitu Mahasiswa, Wanita Karier, dan Ibu Rumah Tangga. Sikap konsumen tersebut akan diukur dengan menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul di uji kruskal wallis untuk membedakan ketiga kategori yaitu Mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga dalam mengambil keputusan pembelian barang kulit yang diukir maupun tidak diukir. Jika terdapat perbedaan maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji mann whitney. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan (p>0,05) sikap konsumen antara mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga terhadap kualitas produk, kenyamanan produk, kebanggan mengenakan produk, kesukaan produk. Namun ada perbedaan (p<0,05) sikap konsumen antara Mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga terhadap harga produk, desain ukiran produk, asesoris produk dan kualitas jahitan produk . Kesimpulan bahwa keputusan membeli dari ketiga konsumen wanita yaitu Mahasiswi, Wanita karier dan Ibu rumah tangga terhadap produk barang dari kulit samak yang diukir ditentukan dari harga produk, desain Ukiran produk, asesoris produk serta kualitas jahitan produk.
Copyrights © 2021