JURNAL MANAJEMEN
Vol 12, No 2 (2020)

Identifikasi persepsi konsumen menggunakan customer profile terhadap linkaja

Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Moeliono, Nadya Novandriani Karina (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen yang merupakan pengguna aplikasi mobile payment mengenai produk LinkAja di Kota Bandung dengan menggunakan Customer Profile. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi konsumen terhadap LinkAja berdasarkan alat identifikasi Customer Profile yang terbagi menjadi tiga blok yaitu: customer jobs, customer pains dan customer gains. Pertama yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment dengan jumlah penggunaan oleh konsumennya dalam sebulan berkisar antara satu sampai 10 kali dan paling banyak digunakan oleh konsumennya untuk melakukan pembelian pulsa, dapat membuat konsumennya merasa lebih baik setelah menggunakannya dan dapat memberikan rasa puas kepada konsumennya. Kedua yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment yang memberikan harga yang relatif lebih murah kepada konsumennya, tidak menghabiskan banyak waktu dalam penggunaannya, mudah digunakan oleh konsumennya, jarang terjadi gangguan pada saat penggunaannya namun disamping itu masih memiliki beberapa risiko yang dikhawatirkan terjadi saat penggunaannya. Ketiga yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment yang disenangi konsumen karena kemudahannya, dengan fitur beli pulsa pada LinkAja adalah fitur yang paling dinikmati oleh konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...