Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 3 (2020)

Kesulitan dan Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis berdasarkan Pemahaman Konsep Matematis

Ramli Ramli (Program magister pendidikan matematika universitas pendidikan indonesia)
Sufyani Prabawanto (program studi pendidikan matematika universitas pendidikan indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan hambatan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis yang dibahas berdasarkan pemahaman konsep matematis. Metode penenlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Data diambil dari 26 orang siswa kelas VIII SMPN 29 Bandung tahun pelajaran 2018/2019 melalui teknik tes secara tertulis dan wawancara dengan menggunakan instrumen soal tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan fakta, konsep dan prinsip yang dibahas berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis. Hambatan belajar yang dijumpai dalam menyelesaikan masalah tersebut berupa hambatan yang bersifat epistemologis (keterbatasan pemahaman) dan ontogenik (kesiapan mental).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...