Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 3 (2020)

Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika

Kurotul Aini (Univessitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Univessitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara keterampilan guru dalam memberikan penguatan dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriprif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negri 1 Ciomas, dengan sampel kelas VIIF dengan jumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini beruapa skor angket keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan nilai ulangan harian siswa kelas VIIF semester genap SMP Negri 1 Ciomas tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel maka H0  ditolak dan H1 diterima, dan didapatkan thitung = 3,249 dan ttabel = 1,016 dengan taraf signifikansi 5%, jadi 3,249 > 1,016  dapat dinyatakan H0  ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian tersebut terbukti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam memberikan penguatan dengan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...