JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 5, No 1 (2021)

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Buah Stroberi di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

Lutfi Zulkifli (Universitas Jenderal Soedirman)
Syafiq Muhammad (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor bauran pemasaaran  yang dipertimbangkan dalam membeli buah stroberi di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dan mengkaji variabel yang paling berpengaruh pada setiap faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah stroberi di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang juga biasa disebut dengan judgement sampling. Analisis yang digunakan dalam pengolahan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis faktor yang menghasilkan faktor-faktor baru yang tersusun dari variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadapa terbentuknya faktor baru tersebut. Didalam analisis faktor terdapat uji KMO, uji MSA, uji Bartlett’s Test of Sphericity, uji komunalitas, nilai eigen value dan nilai factor loading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor promosi, faktor tempat, faktor harga, faktor proses, faktor warna serta faktor produk merupakan 6 faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian buah stroberi. Dari 21 variabel yang digunakan terdapat 13 variabel yang mempengaruhi nilai faktor baru, dan terdapat variabel-variabel yang paling berpengaruh terhadap masing-masing faktor baru. Yaitu merupakan variabel yang memiliki nilai factor loading  tertinggi dari masing-masing faktor baru yang terbentuk, variabel tersebut adalah variabel potongan harga, kenyamanan tempat, keterjangkauan harga, rasa stroberi, warna stroberi dan kebersihan stroberi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...