Metode : Jurnal Teknik Industri
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Metode

Analisis Dan Simulasi System Pelayanan Antrian Mobil Antar Kabupaten Di Terminal Pasar Bersama Kota Sorong

Tajuddin, Tamrin - (Unknown)
Ena, Rasid - (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2018

Abstract

Terminal pasar bersama merupakan terminal yang digunakan oleh dinas perhubungan untuk digunakan sebgaai tempat atau lokasi pelayanan angkutan pengantaran bagi masyarakat papau yang berada di daerah kota sorong. Khusu tujuan kabupaten maybrat dan kabupaten teminabuan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui model sistem dan disiplin antrian mobil angkutan antar kabupaten di terminal pasar bersama dan untuk mengahtahui kinerja sistem antrian mobil angkutan antar kabupaten di terminal pasar bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian simulasi sistem antrian pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang sedang digunakan atau yang akan disimulasikan berdasarkan hasil uji distribusi poisson dan eksponensial. Kesimpulan dari penelitian ini Kinerja sistim antrian nyata mobil angkutan maybrat menggunakan model sistem antrian (M/M/1):(FIFO/-/-) atau single chanel-single phase. Dan dari hasil analisis data model antrian nyata (model pelayanan tunggal) diketahui bahwa dengan rata-rata tingkat kedatangan (𝜆) sebesar 87,6154 penumpang/menit dan rata-rata tingkat pelayanan (𝜇) sebesar 142,801 penumpan/menit, sehingga penumpang yang mendapatkan pelayanan sebanyak 139 penumpang, dengan jumlah baris antrian sebanyak 1 penumpang, dengan waktu yang dihabiskan satu penumpang dalam antrian sampai dilayani dan pelayanan 0 menit, dan probabilitas factor pelayanan antrian 61,34% dan Kinerja sistim antrian nyata mobil angkutan teminabuhan menggunakan model sistem antrian (M/M/1):(FIFO/-/-) atau single chanel-single phase. Dan dari hasil analisis data model antrian nyata (model pelayanan tunggal) diketahui bahwa dengan rata-rata tingkat kedatangan (𝜆) sebesar 53,8621 penumpang/menit dan rata-rata tingkat pelayanan (𝜇) sebesar 98,3859 penumpang/menit, sehingga penumpang yang mendapatkan pelayanan sebanyak 65 penumpang, dengan jumlah baris antrian sebanyak 1 penumpang, dengan waktu yang dihabiskan satu penumpang dalam antrian sampai dilayani dan pelayanan 0 menit, dan probabilitas factor pelayanan antrian 54,78%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

metode

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Metode : Jurnal Teknik Industri is a scientific peer-reviewed journal published by LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. The journal to be published two times a year (March and October). Focus and Scope of this Journal are: Operational research; Manufacture system; Ergonomic; Supply chain ...