JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS
Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2020

Pengaruh Internal Branding pada Customer Based Brand Equity dengan Mediasi Loyalitas Organisasi

Veny Vironika (Universitas Universal)
M.N. Reza Pradana (Universitas Universal)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Branding telah menjadi bagian dari keunggulan kompetitif setiap perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur sejauh mana pengaruh internal branding pada customer based brand equity dan efek mediasi loyalitas organisasi pada toko - toko ritel yang berkembang di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan data kuesioner yang dikumpulkan dari karyawan front-line dan pelanggan dari toko ritel tertentu dengan purposive sampling. Analisis kolerasi, mediasi dan teknik analisis data uji t sampel independen diterapkan melalui smart PLS dan SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa internal branding mempengaruhi customer based brand equity secara langsung tanpa memerlukan loyalitas organisasi sebagai variabel mediasi. Hasil ini dapat membantu sektor industri toko ritel dengan bukti empiris untuk menerapkan internal branding di organisasi mereka untuk menciptakan ekuitas merek antara toko dan pelanggan melalui karyawan front-line. Kontribusi penting studi ini terhadap dunia industri dan akademik adalah dukungan empirisnya untuk hubungan antara IB dan CBBE pada toko ritel di Kota Batam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAEMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember: mulai Volume 6, Nomor 1, Juli 2018. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen ...