Jurnal Dialektika Informatika (Detika)
Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Dialektika Informatika (Detika) Vol.1 No.1 Desember 2020

PEMODELAN SAW UNTUK MENENTUKAN TINGKAT DEPRESI GAMER

Dewa Caniaghi (Universitas Muria Kudus)
Anastasya Latubessy (Universitas Muria Kudus)
Rizkysari Mei Maharani (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini melahirkan banyak permainan berbasis gadget dan internet yang menarik. Seerorang dapat bermain game untuk menghilangkan kepenatan dan memperoleh perasaan bahagia. Namun, disisi lain seorang gamer juga dapat mengalami depresi karena faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi. Tingkat depresi seorang Gamer dapat diukur dari beberapa kriteria yaitu Insomsia, Mood Swing, Tidak nafsu makan, kesulitan komunikasi dan anti sosial. Beberapa kriteria tersebut dimodelkan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang merupakan salah satu metode untuk pemilihan keputusan.  Pemodelannya digunakan untuk menentukan tingkat depresi pada gamer dengan hasil yang didapat terdapat 3 tingkatan depresi mulai dari ringan sampai tinggi. Dengan hasil terbanyak berada pada tingkat sedang lalu banyak dan terakhir dan ringan. Tujuan dilakukan pemodelan ini adalah memberikan tambahan pengetahuan tentang tingkatan depresi gamer. Bahwa seorang gamer dapat mengalami depresi walaupun kegiatan bermain game seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

detika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

• Software Engineering • Mobile Technology and Application • Robotics • Database system • Information Engineering • Artificial Intelligent • Interactive Multimedia • Computer Networking • Information System Audit • Accounting Information System • Information System Development ...