Al-Akhbar
Vol 7, No 1 (2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMBINAAN KEAGAMAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DI MTs Se-KKM MTs NEGERI RAJAGALUH

Budiman, Indra Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2018

Abstract

Pendidikan di sekolah terutama pendidikan agama mempunyai peranan yang sangat besar di dalam membentuk religiusitas peserta didik. Keilmuan dan pengamalan agama yang ia peroleh di sekolah mempunyai dampak yang cukup besar dalam praktek keagamaan seseorang di dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utama sekolah adalah sebagai media untuk merealisasikan tujuan pendidikan berdasarkan tujuan pemikiran, akidah, syariat demi terwujudnya penghambaan diri kepada Allah. Sekolah mempunyai tugas menyiapkan dan mengembangkan SDM dan pusat pengembangan ilmu, sehingga wajar jika kualitas generasi mendatang sangat ditentukan oleh pendidikan yang diperoleh di bangku sekolah. Selama ini pendidikan yang dikembangkan lebih menekankan pada aspek kognitif saja, kurang memperhatikan sisi afektif dan psikomotorik siswa. Pelajaran agama seringkali dimaknai secara dangkal dan tekstual. Nilai-nilai agama yang ada hanya dihafal dan tidak diamalkan, sehingga pelajaran agama hanya menyentuh aspek kognitif saja dan tidak sampai pada aspek afektif dan psikomotorik. Padahal nilainilai religiusitas tidak hanya tampak ketika seseorang melakukan praktek ritual peribadahan saja, seperti sholat, berdoa, puasa, zakat dan haji, namun nilai religiusitas nampak pada semua aktivitas keseharian seseorang yang mencerminkan unsur aqidah, ibadah dan akhlak. Oleh sebab itu, sekolah mempunyai peran yang cukup penting dalam pembinaan pengetahuan dan pengalaman beragama anak. Ketepatan dalam pengelolaan pembelajaran (khususnya pelajaran agama) akan sangat mempengaruhi religiusitas anak di masa mendatang. Ketepatan dalam memilih media, materi, strategi, penilaian dan evaluasi akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan pendidikan agama. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memudahkan siswa menerima dan memahami pelajaran. Hasil Penelitian membuktikan pengaruh positif pembinaan keagamaan terhadap  efektivitas pembelajaran, pengaruh positif media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran dan pengaruh positif media pembelajaran dan pembinaan keagamaan secara simultan terhadap  efektivitas pembelajaran.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pembinaan Keagamaan, Efektivitas.

Copyrights © 2018