Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2020): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

LEARNING OBSTACLES KONSEP OPERASI BARIS ELEMENTER

Mahyudi Mahyudi (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Endaryono Endaryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2020

Abstract

Hambatan belajar pada peserta didik merupakan keterbatasan konteks pengetahuan. Seseorang yang lebih paham dalam mendalami materi, akan melakukan tindakan yang lebih baik lagi. Namun, jika pemahaman mahasiswa pada materi sebelumnya kurang baik dan terbatas, maka akan berkelanjutan hingga ke materi seterusnya, yang mengakibatkan mahasiswa mengalami keterbatasan dalam berpikir. Kebanyakan mereka terbiasa untuk memahami dan mengerti soal matematika sebatas pada soal-soal yang telah dikerjakan atau soal-soal latihan yang ada di slide presentasi dosen. Analisis yang mendalam perlu dilakukan untuk melihat hambatan belajar, sehingga dapat dicarikan solusinya. Hal ini kemudian diamati dari tes diagnostik beberapa mahasiswa Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta yang mendapat pembelajaran aljabar linear dan matriks. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  tes tertulis dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui learning obstacle. Hasil analisis memberikan informasi bahwa hambatan belajar pada materi operasi baris elementer antara lain adalah lemahnya pemahaman pada konsep matriks sebagai dasar pengetahuan pada operasi baris elementer, kurangnya pengetahuan tentang aljabar, hanya terpaku pada satu metode saja, dan faktor kurangnya ketelitian. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...