JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 10, No 2 (2020): Desember 2020

Pendampingan Peninjauan Kurikulum Madrasah Diniyah LP. Ma’arif NU Kabupaten Jepara

Subaidi Subaidi (Unknown)
Munasir Munasir (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Guru-guru madrasah didniyah dilingkungan LP. Ma’arif NU Kabupaten Jepara secara aktif mengikuti pelatihan pendampingan peninjauan kurikulum. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditawarkan dalam rangka mencari trobosan pengembangan kurikulum yang selama ini mengacu pada perundangan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan PP No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan melalui struktur kurikulum Madrasah Diniyah yang terdiri dari mapel al-Qur’an Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh Islam dan Bahasa Arab. Hasil dari kegiatan peninjauan kurikulum ini anatara lain: 1) guru mampu mendesain kurikulum madrasah diniyah sesuai dengan visi misi madrasah; 2) guru memperhatikan pentingnya psikologi belajar dan psikologi perkembangan anak didik; 3)  guru mampu menetapkan isi kurikulum yang diberikan kepada anak didik, agar tingkat keluasan dan kedalaman bahan belajar sesuai dengan taraf perkembangan kondisi dan keadaan anak didik; dan 4) guru mampu mendesain kurikulum dengan prinsip fleksibilitas artinya kurikulum yang mudah disesuaikan, diubah, dilengkapi atau dikurangi berdasarkan tuntutan dan keadaan ekosistem dan kemampuan setempat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2088-6977 dan E-ISSN 2548-1487 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, ...