Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2020)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DOLO KABUPATEN SIGI

Hasrianty, Hasrianty (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Rosnawati, Rosnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Kualitas adalah totalitas dan wujud serta ciri dari suatu barang atau jasa yang dihasilkan, yang di dalamnya terkandung sekaligus pengertian akanadanya di hasilkan tersbut. Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi perusahaan jasa karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kulaitas memiliki hubungan yang sanga terat dengan kepuasan pelanggan,yaitu kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalani ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Jenis penelitian survei analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang datang ke puskesmas melakukan pengobatan pada saat penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan dengan perhitungan rumus Lameshow estimasi proporsi maka di peroleh besar sampel yaitu 96 responden. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara Non Probability Sampling yaitu menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan, Lima dimensi pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai probabilitas F hitung lebih dan simultan 0.05 (0.730>0.05). Penelitian ini diharapkan memberikan referesi bagi petugas untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas sehingga kepuasan pasien semakin meningkat dan berpengaruh kepada loyalitas puskesmas.Kata Kunci    :Empati, Jaminan, Ketanggapan, Kehandalan, BuktiFisik

Copyrights © 2020