Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2020)

ANALISIS STRATEGI EFEKTIVITAS PANGSA PASAR SUART KABAR HARIAN RADAR SULTENG PADA PT. RADAR SULTENG

Lestari, Jeni Chia Chia (Unknown)
Sirajuddin, Sirajuddin (Unknown)
Sarifuddin, Sarifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui dan menganalisis strategi efektivitas pangsa pasar surat kabar harian Radar Sulawesi Tengah pada PT. Radar Sulteng. Untuk Mengetahui dan menganalisis penerapan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam meningkatkan peluang pangsa pasar koran Harian Radar Sulteng pada PT. Radar Sulawesi Tengah. Dari hasil analisis SWOT  menghasilkan nilai S<O sebesar (0,34 < 0,36), untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada, strategi yang dapat dilakukan PT. Radar Sulteng adalah dengan membuka lokasi baru karena PT. Radar Sulteng berada dalam kondisi Bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten dan pangsa pasar yang besar, Nilai W<O yaitu sebesar (0,30 < 0,36), Strategi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menambah jumlah tenaga pemasaran PT. Radar Sulteng dan produk Surat Kabar Harian yang dijualnya diketahui oleh banyak orang dan orang-orang akan tertarik untuk membeli produk Surat Kabar Harian yang dijual PT. Radar Sulteng.  Nilai S>T yaitu (0,34 > 0,30), strategi yang dapat dilakukan PT. Radar Sulteng adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan Surat kabar harian Radar Sulteng menetapkan harga bersaing agar konsumen merasa puas dengan produk yang dibeli pada PT. Radar Sulteng.  Nilai W=T yaitu sebesar (0,30 = 0,30), Strategi yang dapat digunakan PT. Radar Sulteng adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi agar konsumen menjadi tahu tentang PT. Radar Sulteng dan produk Surat Kabar Harian yang dijualnya sehingga tertarik untuk membeli.Kata Kunci : Strategi Efektivitas dan Analisis SWOT

Copyrights © 2020