Salah satui ndikator keberhasilan pelayanan kesehatan di puskesmas adalah. Kepuasan pasien adalah perasaan kecewa maupun senang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk yang difikirkan terhadap hasil yang di harapkan. Rasa puas atau tidaknya pasien adalah kesimpulan interaksi antara harapan dan hasil sesudah memakai jasa atau pelayanan yang di berikan. dan rasa puas yang tercipta dapat di sebabkan oleh beberapa faktor diantarahnya adalah pelayanan petugas, yaitu sikap petugas, keterampilan petugas, dan ketersediaan fasilitas oleh instansi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan petugas dan ketersediaan fasilitas dengan kepuasan pasien di Puskesmas Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.Jenis penelitian ini adalah menggunakan desain observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Cara penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang bermakna antara pelayanan petugas dengan kepuasan pasien dengan nilai P value = 0.000 (P ≤ 0,05). Dan adahnya hubungan yang bermakna antara ketersediaan fasilitas dengan kepuasan pasien dengan nilai p value = 0.000 (P ≤ 0,05)Berdasarkan hasil penelitian di harapakan agar mempertahankan atau meningkatkan lagi kualitas pelayanan sehingga kepuasan pasien semakin meningkat lagi di tahun mendatang, serta dapat menentukan kebijakan yang tepat untuk penyempurnaan pelayanan kesehaan yang akan di berikan. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Petugas, Ketersediaan Fasilitas
Copyrights © 2019