Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan teknik Scanning. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Palu dan sampel adalah 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa dari kelas Cut Nyak Dien dan 28 siswa dari kelas Hasanudin. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dari kelas Cut Nyak Dien diklasifikasikan ke dalam kelompok eksperimen, sedangkan siswa kelas Hasanudin ke dalam kelompok kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa t-hitung adalah 3,268. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 dan tingkat kebebasan adalah 54, t-tabel yang ditemukan adalah 2,015. Hasil ini menunjukkan nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penerapan teknik pemindaian dapat secara efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa.Kata kunci: Peningkatan, Pemahaman Membaca, Teknik Scanning
Copyrights © 2020