Journal of Nursing Care and Biomolecular
Vol 5, No 2 (2020)

PERBEDAAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA DAN CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN MENGHADAPI MENSTRUASI

Nopitasari, Ruth (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Perwiraningtyas, Pertiwi (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Trishinta, Sirli Mardiana (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Pendahuluan: Pengetahuan merupakan domain penting untuk membentuk perilaku. Pengetahuan tentang menstruasi sangat penting diberikan kepada anak perempuan usia sekolah dasar. Anak yang memiliki pengetahuan tentang menstruasi diharapkan dapat merealisasikan dalam kegiatan sehari-hari. Upaya meningkatakan pengetahuan bisa menggunakan berbagai metode dan media yang sesuai seperti  metode ceramah dan permainan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan pemberian edukasi menstruasi melalui metode permainan ular tangga dan ceramah terhadap pengetahuan siswi tentang menstruasi. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy eksperiment dengan Pre-Test – Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas IV dan V di Sekolah Dasar Negeri 1 Landungsari Kota Malang yang belum mengalami menstruasi berjumlah 35 anak dengan teknik Simple Random Sampling didapatkan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil dan Analisis: Hasil uji Wilcoxon  kedua variabel mempunyai pengaruh terhadap pengetahuan, untuk uji Mann Whitney didapatkan perbedaan metode permaianan ular tangga dengan nilai signifikansi 0,006 dan metode ceramah  sebesar 0,022. Maka dapat di simpulkan bahwa metode Permaianan Ular Tangga memiliki pengaruh lebih besar terhadap pengetahuan siswi dalam menghadapi menarche. Diskusi: Meningkatkan pengetahuan melalui metode permainan ular tangga membuat belajar menjadi proses yang menyenangkan. Selain itu, metode tersebut dapat melatih bersikap jujur dan memahami peraturan yang berlaku. 

Copyrights © 2020