Kualitas pelayanan adalah upaya pemenuhan kebutuhan yang diiringi dengan keinginan konsumen serta ketepatan cara penyampaiannya agar dapat memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan tersebut. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkatan perasaan pasien  yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya.Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dengan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel 109 pasien di instalasi rawat jalan RSKDIA Pertiwi Kota Makassar pada bulan mei 2019. Penelitian ini menggunakan analisa chi-square dengan tingkat signifikan 0,05. Berdasarkan penelitian ini diperoleh variabel yang berhubungan dengan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan RSKDIA Pertiwi Makassar adalah bukti fisik (p=0,000), kehandalan (p=0,000), empati (p=0,000), jaminan (p=0,000), ketanggapan (p=0,000).Untuk meningkatkan kualitas pelayanan manajemen RSKDIA Pertiwi makassar harus meningkatkan keramahan kapada pasien, kecepat tanggapan, dan membuat evaluasi kepuasan pasien dengan cara mebuat kotak saran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020