Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Pengaruh Persepsi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Rifa Atiyyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Hal ini bertujuan menganalisis pengaruh simultan dan parsial persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, menghubungkan data persepsi tentang lingkungan sekolah dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar IPS. Data tentang variabel persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti dalam mengukur hal yang berkaitan dengan kedua hal di atas. Sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh melalui dokumen sekolah. Melalui pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama vff mt terhadap prestasi belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <0,05 dan Fhitung = 45,029; (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,133; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 3,784

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...