Keterbatasan infrastruktur pada masyarakat di Indonesia bagian Timur terutama di bidang pendidikan, membuat pendidikan di daerah tersebut menjadi lemah. Terbelakangnya pendidikan kuat disebabkan oleh faktor ekonomi dan sikap masyarakat sendiri yang menganggap pendidikan tidak terlalu penting. Hal ini mengakibatkan meningkatnya angka putus sekolah dan buta aksara. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persoalan pendidikan pada novel Lembar-Lembar Pelangi karya Nila Tanzil, dan (2) bentuk dedikasi tokoh utama dalam menumbuhkembangkan literasi anak di Indonesia Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi analisis isi untuk menelaah isi dari suatu dokumen. Dokumen dalam penelitian ini adalah novel Lembar-Lembar Pelangi karya Nila Tanzil. Tahapan pengumpulan data dimulai dari tahapan pembacaan, pencatatan, hingga analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Pedagogi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persoalan pendidikan pada novel Lembar-Lembar Pelangi sangat beragam, yang diakibatkan oleh keterbatasan infrastruktur yang dihadapi oleh masyarakat di daerah pelosok Indonesia Timur. Adanya bentuk dedikasi yang ditunjukan oleh Nila membuat semangat anak meningkat untuk berburu dan membaca buku. Nila telah memberikan perubahan yang sangat berarti untuk pendidikan anak-anak di Indonesia Timur.
Copyrights © 2020