Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat dalam kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2019. Selanjutnya yang kedua mengetahui fungsi direktif yang terdapat dalam kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menyelesaikan masalah penelitian dengan memaparkan keadaan obyek yang diselediki sebagaimana adanya berdasarkan fakta-fakta yang aktual pada saat sekarang. Obyek penelitian ini adalah tuturan yang berada dalam iklan video di youtube, kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2019. Prosedur penelitian ini mempunyai tiga tahap, yaitu mengumpulkan, mengindentifikasi, menganalisis. Dari sekian banyak data yang di ambil dapat diketahui Tindak tutur ilokusi direktif direktif. Pertama, jenis yang terdapat adalah jenis meminta, pertanyaan, perintah, melarang, mengabulkan, dan jenis nasihat. Ketua, terdapat fungsi Tindak tutur ilokusi direktif direktif, yakni fungsi memohon, menekan, mengundang, mengajak, berdoa, bertaya, menghendaki, mengarahkan, menginstruksikan, mengatur, mensyaratkan, melarang, menyetujui, memberi wewenang, mengijinkan, menasehati, mengusulkan, dan yang terakhir adalah fungsi menyarankan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020