JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 6, No 4 (2020): JABE (Journal of Applied Business and Economics)

ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP MAHASISWA BARU DALAM MEMUTUSKAN STUDI LANJUT PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MANDALA JEMBER

Hayatul Maspufah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis unsur-unsur Marketing Mix yang mempengaruhi mahasiswa baru dalam memutuskan studi lanjut pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu yang diperoleh dari hasil pengumpulan kuisioner terhadap mahasiswa baru STIE Mandala Jember angkatan tahun 2019. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Proportional Random Sampling. Pengujian dilakukan terhadap tujuh variabel Marketing Mix, yang terdiri dari: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Personil, Proses, Bukti Fisik dengan model analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil uji F, menunjukkan bahwa secara simultan variabel X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Promosi), X4 (Lokasi), X5 (Personil), X6 (Proses) dan X7 (Bukti Fisik) berpengaruh signifikan terhadap (Y) keputusan mahasiswa studi lanjut  di STIE Mandala Jember. Hasil uji t, menunjukkan bahwa masing-masing variabel X1 (Produk), variabel X2 (Harga), variabel X3 (Promosi), variabel X4 (Lokasi), dan variabel X7 (Bukti Fisik)  berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan mahasiswa studi lanjut di STIE Mandala Jember, sedangkan variabel X5 (Personil) dan variabel X6 (Proses) tidak berpengaruh secara signifikan  terhadap keputusan mahasiswa studi lanjut di STIE Mandala Jember. Variabel yang berpengaruh paling dominan dari penelitian ini adalah variabel promosi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...