Sayuran merupakan salah satu komoditas pertanian yang berpotensi tinggi pada masa pandemi Covid-19 karena manfaatnya dalam meningkatkan imunitas. Ditinjau dari karakteristiknya sayuran mempunyai risiko yang tinggi, khususnya jika dipasarkan secara online. Toko sayuran online harus meningkatkan kinerja pemasarannya agar dapat bertahan di tengah persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran pada toko sayuran online di Kota Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Sampel berjumlah 33 toko sayuran online di Kota Surabaya yang ditentukan melalui teknik sampling kuota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran online dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan kapabilitas pemasaran mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Toko sayuran online di Kota Surabaya perlu meningkatkan kapabilitas pemasaran terutama terkait penginderaan pasar agar dapat menghadapi perubahan lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021