Jurnal Komunikasi dan Media
Vol 1, No 2: Mei 2021

Komunikasi Organisasi Dalam Penerapan E-Learning Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta & Universitas Negeri Yogyakarta

Ranggabumi Nuswantoro (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Penerapan e-learning di institusi pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, membawa dampak yang signifikan. Mulai dari dampak pada pola belajar-mengajar, sistem komunikasi informasi, hingga budaya organisasi. Penelitian ini melihat bagaimana e-learning diterapkan dalam proses pembelajaran di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (representasi universitas swasta) dan Universitas Negeri Yogyakarta (representasi universitas negeri) dari sudut pandang komunikasi organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun data utama diambil dari wawancara terhadap pimpinan perguruan tinggi, baik di rektorat maupun pimpinan unit. Sedangkan data sekunder diambil dari berbagai dokumen universitas baik berupa soft file maupun hard file. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa e-learning membuat proses pembelajaran menjadi terbuka dan partisipatif. Perguruan tinggi juga terbantu dalam melakukan komunikasi internal, khususnya komunikasi antarbagian dalam kaitannya dengan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Beberapa prinsip good corporate university berhasil diterapkan, seperti transparansi dan akuntabilitas. Hanya saja ditemukan perbedaan kebijakan di perguruan tinggi swasta dengan negeri, terutama dalam pengambilan kebijakan di level pimpinan. Penelitian ini juga memberikan tambahan data/fakta terkait dengan pengaruh positif e-learning pada saat kedua subjek riset menghadapi dampak pandemi Covid-19 dalam proses belajar-mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan ...