Sebatik
Vol 25 No 1 (2021): Juni 2021

ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL

Siswo Martono (Desain Komunikasi Visual, Universitas Dinamika)
Hardman Budiarjo (DIV Produksi Film dan Televisi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan lembaga pendidikan tinggi di media sosial Tiktok. Objek penelitian adalah lembaga pendidikan tinggi yang melakukan promosi di media sosial Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan EPIC Model, variabel-variabel yang diukur adalah empathy, persuasion, impact dan communication. Variabel-variabel yang berkontribusi positif pada efektivitas iklan lembaga pendidikan tinggi di media sosial Tiktok adalah persuasion (3,87), impact (4,04) dan communication (3,65). Program studi, keunggulan lembaga pendidikan tinggi dan program studi, kompetensi lulusan menjadi stimulus untuk menentukan pilihan. Kejelasan informasi, desain konten dan slogan hal yang harus diperhatikan pada komunikasi periklanan. Variabel empathy memberikan kontribusi cukup (3,355) pada efektivitas penayangan iklan lembaga pendidikan tinggi di media sosial Tiktok. Faktor yang mendasari yaitu adanya mitos beranggapan bahwa iklan berpotensi menghabiskan kuota internet, takut tertipu dan iklan tidak sesuai dengan produk yang di iklankan. Nilai EPIC rate pada keempat dimensi adalah 3,73 yang berarti efektif. Kontribusi terbesar yang mempengaruhi efektifitas iklan lembaga pendidikan tinggi pada media sosial Tiktok adalah IMPACT. Tiktok merupakan salah satu new media yang efektif untuk mendukung keberhasilan program pemasaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...