Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
Vol 3, No 2 (2019): HABITUS:JURNAL PENDIDIKAN, SOSIOLOGI, DAN ANTROPOLOGI

PENDIDIKAN RESPONSIF GENDER BAGI ANAK USIA DINI

susilo setyo utomo (Universitas Nusa Cendana)
Uni Ekowati (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan responsif gender bagi anak-anak. Beberapa tahun terakhir ini kajian masalah perempuan dan gender di Indonesia menunjukkan perkembangan yang cukup pesat sekaligus merefleksikan meningkatnya kesadaran berbagai kalangan termasuk kalangan yang bergerak dalam dunia pendidikan. Tujuan dari pendidikan responsif gender yaitu terwujudkan kesetaraan gender sebagai upaya pemahaman agar peserta didik dapat memahami dalam memposisikan peran seorang perempuan maupun peran laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini di Taman Kanak-Kanak yang ada di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, dan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan responsif gender bagi anak-anak dapat dilakukan melalui pendidikan dan pendekatan budaya, baik di sekolah maupun dalam keluarga.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

habitus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Habitus Journal is published by the Sociology-Anthropology Education Study Program, FKIP, Sebelas Maret University (UNS). Published twice a year ie 1st Edition: January-June and 2nd edition: July-December. The Habitus Journal focuses on theoretical studies and analysis of research results in the ...