EQIEN - JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
Vol 5 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS “E-QIEN”

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank BCA Cabang Purwakarta)

Salman Imbari (STIE DR KHEZ Muttaqien)
Dean Subhan Saleh (STIE DR KHEZ Muttaqien)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2018

Abstract

Perkembangan BCA khususnya di Kabupaten Purwakarta sangat menjanjikan. Industri Perbankan Khususnya Bank BCA menempati peran yang sangat penting dalam sector ekonomi, terutama dalam mendukung pengembangan usaha mikro/ makro dan menengah. Semakin ketat persaingan perbankan, maka pelayanan yang berikan bank BCA harus lebih optimal sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan. Fokus penelitian pada nasabah tabungan dan dalam menggunakan produk kartu debet BCA, dengan asumsi bahwa konsumen dalam mempertimbangkan pembelian suatu produk lebih didasarkan pada factor obyektif dan subyektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada BCA Di Kabupaten Purwakarta. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan di BCA minimal berpendidikan SMA, dan mereka telah menjadi nasabah minimal selama 6 bulan. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan 235 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang disebut Convenience sampling atau Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Jalur (Path Analysis) dengan bantuan program IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, 2) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, 3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas ruang lingkup penelitian tidak hanya pada satu jenis bank tetapi mencakup lembaga keuangan lainnya dan untuk manajemen BCA sebaiknya melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan terutama dalam hal daya tanggap dengan memberikan pelatihan khusus kepada customer services untuk meminimalkan keluhan dalam rangka meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, LoyalitasNasabah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

OJS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal E-Qien adalah wadah informasi ilmiah bidang ilmu ekonomi dan bisnis, berupa hasil studi kepustakaan maupun studi empiris. Volume 6 Nomor 1 Bulan Februari Tahun 2019. Frekuensi terbitan 2 kali dalam ...