Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Tut Wuri Handayani Makassar. Metode yang digunakan adalah metode lapangan dengan teknik penyajian data yang bersifat deskriptif dilakukan dalam bentuk product moment. Pengujian hipotesis digunakan pada taraf signifikan 0,05 (5%). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Tut Wuri Handayani Makassar yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sampelnya adalah statisfide random sampling. Hasil pengelolaan data dan analisis data menunjukkan bahwa nilai r-hitung yang diperoleh melalui pengelolaan data lebih besar yaitu 61,278 dan pada r-tabel yaitu 0,312 atas dasar taraf signifikan 5% dengan jumlah 40. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah besar pengaruh antara Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Tut Wuri Handayani Makassar. Jadi hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Copyrights © 2019