Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kartu angka pada anak kelompok B TK Naga Beralih. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 adalah (BB) 72,9%, (MB) 14,2%, (BSH) 7,9%, dan (BSB) 4,7%. Siklus I pertemuan I mulai berkurang menjadi (BB) 42,8% (MB) meningkat 36,42%, (BSH) 12.6% dan (BSB) 6,3%, dan pada Siklus I pertemuan II berkurang lagi menjadi (BB) 20,6%, (MB) 46%, (BSH) 21,5% dan (BSB) 11%, Siklus II pertemuan I berkurang lagi menjadi (BB) 1,5%, (MB) 12,6%, (BSH) 39,6% dan (BSB) 55,5% sedangkan pada siklus II pertemuan II semakin berkurang menjadi (BB) 0%, (MB) 4,7%, (BSH) 9,5% dan (BSB) sangat meningkat menjadi 88,8%, Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Naga Beralih. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media, Kartu Angka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020