Permasalahan yang ditemui selama melakukan penelitian, yaitu belum terkomputerisasinya sistem pelayanan perpustakaan seperti peminjaman buku, dan pengembalian buku, masih di catat dalam bentuk pembukuan sedangkan pecarian data buku juga masih manual yang memakan waktu lama. Pelayanan yang masih menggunakan proses manual maka akan menimbulkan lambatnya kerja perpustakaan yang mengakibatkan tidak kepuasan bagi siswa siswi terhadap pelayanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada SMK Kartikatama 1 Metro adalah untuk membuat aplikasi perpustakaan berbasis desktop di SMK Kartikatama 1 Metro sehingga dapat memudahkan petugas perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti terdiri dari dua bagian, yaitu metode berdasarkan jenis penelitian (Applied Research) dan teknik pengumpulan data pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi (documentation) dan studi kepustakaan (library research). Aplikasi dirancang menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur yang berbasis desktop. Metode pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan teknik pengujian aplikasi menggunakan teknik Black Box Testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java Netbeans, dengan database MySQL dan report menggunakan Quickreport. Alat pengembangan sistem yang digunakan antara lain flowchart, diagram konteks, dfd, erd, dan flowchart. Hasil dari penelitian adalah sebuah Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop pada SMK Kartikatama 1 Metro
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020