E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 10, No 1 (2019): E-DIMAS

Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus

Noor Azizah (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Danang Mahendra (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Budi Lofian (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2019

Abstract

Usaha mikro kecil menengah merupakan salah satu usaha ekonomi produktif yang mendorong proses peningkatan ekonomi Indonesia beberapa tahun terahir. Salah satu UMKM yang dapat diangkat di wilayah Kabupaten Kudus adalah UMKM Tas yang beralamatkan di Desa Jepang Mejobo Kudus. Selama ini, promosi yang dilakukannya masih sangat rendah dan penjualannya pun langsung dipasarkan ke pembeli melalui pasar-pasar tradisional. Hal tersebut kerap sekali membuang waktu dan tenaga dan pangsa pasar pun tidak bisa meluas. Oleh karena itu, perlu adannya sebuah terobosan baru berupa pemanfaatan e-commerce melalui pembuatan website sebagai media promosi dan wadah untuk menjual produknya. Luaran yang dihailkan dari program pengabdian masyarakat ini adalah meluasnya pangsa pasar dan meningkatnya jumlah transaksi penjualan meskipun belum terlihat kenaikan omsetnya secara signifikan. Sedangkan manfaat yang diperoleh dari pengimplementasian penjualan berbasis online adalah memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan rekapitulasi penjualan karena semua proses sudah dilakukan secara otomatis. Selain itu efisien dalam pembiayaan dan efektif dalam waktu karena semua sudah dijalankan secara online.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...