E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 11, No 1 (2020): E-DIMAS

Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Pengajaran Bahasa Inggris di TK

Anita Dewi Ekawati (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA/UHAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing bukanlah hal mudah, terutama pengajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Guru diharapkan selalu memiliki ide kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas agar siswa dapat mengerti mengenai materi yang diajarkan. Total Physical Response (TPR) adalah salah satu metode yang dapat diterapkan. TPR adalah sebuah metode yang menggunakan gerak tubuh untuk mengartikan kata. Tujuan diadakannya pelatihan menggunakan metode ini adalah untuk membantu guru mengajar Bahasa Inggris dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Metode ini mudah diaplikasikan untuk guru-guru di TK ‘Aisiyah 101 Cipayung dan TK ‘Aisiyah Bustanul Athfal Ciracas. Peserta yang hadir sebanyak 12 orang terdiri dari Kepala Sekolah dan guru. Metode yang digunakan antara lain 1) pemberian materi tentang TPR mengenai teori dan contoh-contoh dengan power point dan video, 2) penugasan kepada peserta secara berkelompok untuk mencari tema dan mempraktekan TPR, 3) bimbingan dan diskusi mengenai TPR yang dipraktekan. Hasil dari kegiatan ini seluruh peserta bersemangat dan dapat menggunakan metode TPR dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...