Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan multimedia belajar renang berbasis android dengan nama GoSwim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media belajar GoSwim terhadap hasil belajar kognitif di SMA Lab School UPGRIS.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one grup pretes posttest design. Instrumen yang digunakan menggunakan instrument tes soal dengan kriteria KKM menjadi tolak ukur penilaian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh media pembelajaran Go-Swim terhadap hasil belajar renang khususnya ranah kognitif di SMA Lab School UPGRIS memperoleh data nilai diatas KKM adalah 73,34% dan data nilai dibawah KKM 26,67%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran Go-Swim terhadap hasil belajar renang siswa di SMA Lab School UPGRIS dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar renang khususnya dalam ranah kognitif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021