Agrimansion: Agribusiness Management & Extension
Vol 3 No 1 (2002): JURNAL AGRIMANSION NOVEMBER 2002

7. PROFIL PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI KEDELE DI KABUPATEN SUMBAWA

Amry Rakhman (Fakultas Pertanian Universiatas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 May 2018

Abstract

ABSTRAK Usahatani kedele di Kabupaten Sumbawa dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan, baik dalam realisasi luas lahan maupun jumlah petaninya. Penyebab utamanya adalah keadaan pemasaran, terutama harga pasar kedele yang sering berfluktuasi dan cenderung menurun, sehingga sulit memprediksi keuntungan usahatani dan keuntungan pelaku pasar komoditas kedele. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi profil pemasaran kedele yang meliputi: struktur pasar, rantai pemasaran dan margin pemasaran; dan (2) menganalisis keuntungan usahatani kedele di Kabupaten Sumbawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil pemasaran kedele di Kabupaten Sumbawa tahun 2002 meliputi: struktur pasar berbentuk “oligopsoni”, saluran pemasaran ada tujuh buah dengan melibatkan dua - lima pelaku pasar, margin pemasaran pada setiap saluran pemasaran berkisar Rp. 31.500/ku – Rp. 50.959/ku dengan share produsen lebih besar dari 80 %, sedang keuntungan pemasaran pada setiap pelaku pasar relatif merata, sehingga pemasaran kedele tergolong “efisien”; dan (2) rata-rata keuntungan usahatani kedele tahun 2002 Rp. 418.222/ha/MT. ABSTRACT In the last three years, the performance of soybean farming in Sumbawa Regency declined significantly in terms of area and the number of farmers. It was caused by the marketing condition of soybean, particularly the fluctuation of market price of soybean, so as it is difficult to predict the profits of soybean farming and soybean traders. The objectives of this study were: (1) to identify the marketing profile of soybean including: market structure, marketing channels, and marketing margin; and (2) to analyze the profitability of the soybean farming in Sumbawa Regency. The results of the study showed that: (1) the marketing profile of soybean in Sumbawa Regency for the year 2002 were as follows: the market structure was “oligopsony”, marketing channel consisted of seven channels involving two to five traders, marketing margin for each marketing channel were Rp.31.500/ku– Rp. 50.959/ku with share of producer more than 80 %, while marketing profit for each trader was relatively equal, so that the soybean marketing was efficient; and (2) the average of the profits of soybean farming for the year 2002 was Rp. 418.222 per hectares per growing season.

Copyrights © 2002






Journal Info

Abbrev

Agri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Agrimansion adalah jurnal ilmiah yang memuat tulisan berupa hasil penelitian yang terkait dengan pemikiran/gagasan atau telaahan konseptual/teoritis yang mengkaji aspek-aspek agribisnis dan sosial ekonomi pertanian secara luas seperti manajemen produksi dan pemasaran produk pertanian, ...