Dimensi Matematika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 1 No 02 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS VII MTsS LAM UJONG ACEH BESAR

Zaki M (Unknown)
Ina R (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya pembelajaran materi bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga garis bilangan pada siswa kelas VII MTsS Lam Ujong. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu karena hanya menggunakan satu kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 yang berjumlah 26 siswa, yang dipilih berdasarkan rekomendasi guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan angket respon siswa. Pengolahan data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengolahan data tersebut berupa data kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, data aktifitas siswa, angket respon siswa dan ketuntasan hasil belajar. Dari data diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran materi bilangan bulat berada pada kategori baik dan sangat baik, aktifitas siswa selama pembelajaran efektif, respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi bilangan bulat secara klasikal 88,46% dikatakan tuntas, karena telah melebihi dari syarat ketuntasan klasikal yaitu 85% dari siswa di kelas tersebut telah tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga garis bilangan efektif diterapkan pada siswa kelas VII2 MTsS Lam Ujong.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Dimensi Matematika menerbitkan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...