Saat ini, era industri 4.0 banyak para pengusaha yang mengembangkan usahanya dalam bentuk inovasi ke teknologi, tak terkecuali dalam bidang bisnis keuangan, baik kuangan konvensional maupun keuangan syariah. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi keputusan dalam pemilihan layanan keuangan syariah, diantaranya pengetahuan etika dan religiusitas Islam. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan etika dan religiusitas Islam terhadap penggunaan peer to peer lending berbasis syariah pada mahsasiswa yang berstudi di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berdasarkan hasil analisis kuantitatif terhadap variabel penelitian yaitu pengetahuan etika dan religiusitas Islam terhadap penggunaan peer to peer lending berbasis syariah. sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh studi di Yogyakarta dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 131 responden yang didapatkan melalui google form dan diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) pengetahuan etika berpengaruh secara signifikan terhadap pengunaan peer to peer lendning berbasis syariah, 2) religiusitas Islam berpengaruh secara signifikan terhadap pengunaan peer to peer lendning berbasis syariah.
Copyrights © 2020