Pada era globalisasi saat ini para pemilik bisnis dituntut agar dapat melakukan pengembangan bisnis secara efektif dan efisien serta dibutuhkannya strategi pemasaran yang baik agar mencapai target penjualan. Bumi Flora merupakan salah satu toko tanaman hias yang berlokasi di Tangerang. Pola pembelian konsumen yang acak menyulitkan Toko Bumi Flora untuk menentukan strategi pemasaran barang yang sesuai. Pola pembelian konsumen dapat diketahui dengan metode asosiasi pada data mining untuk mencari pola hubungan antar satu item dengan item lainnya. Untuk itu diperlukan analisis terhadap pola pembelian tanaman hias untuk memaksimalkan pemasaran dengan strategi product bundling. Data transaksi penjualan item yang digunakan untuk mencari keterkaitan antar item dengan algoritma fp-growth. Penelitian ini menghasilkan tujuh aturan yang ideal dengan percobaan nilai minimum support 3% dan nilai minimum confidence 25% dan setiap aturan yang dihasilkan memiliki nilai lift ratio lebih dari satu
Copyrights © 2020