SEINASI-KESI
Vol 3, No 1 (2020): SEINASI-KESI 2020

Implementasi Market Basket Analysis Untuk Menentukan Product Bundling Menggunakan Algoritma FP-Growth

Sabrina, Rifa (Unknown)
Ernawati, Iin (Unknown)
Chamidah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2021

Abstract

Pada era globalisasi saat ini para pemilik bisnis dituntut agar dapat melakukan pengembangan bisnis secara efektif dan efisien serta dibutuhkannya strategi pemasaran yang baik agar mencapai target penjualan. Bumi Flora merupakan salah satu toko tanaman hias yang berlokasi di Tangerang. Pola pembelian konsumen yang acak menyulitkan Toko Bumi Flora untuk menentukan strategi pemasaran barang yang sesuai. Pola pembelian konsumen dapat diketahui dengan metode asosiasi pada data mining untuk mencari pola hubungan antar satu item dengan item lainnya. Untuk itu diperlukan analisis terhadap pola pembelian tanaman hias untuk memaksimalkan pemasaran dengan strategi product bundling. Data transaksi penjualan item yang digunakan untuk mencari keterkaitan antar item dengan algoritma fp-growth. Penelitian ini menghasilkan tujuh aturan yang ideal dengan percobaan nilai minimum support 3% dan nilai minimum confidence 25% dan setiap aturan yang dihasilkan memiliki nilai lift ratio lebih dari satu

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

seinasikesi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEMINAR NASIONAL INFORMATIKA , SISTEM INFORMASI DAN KEAMANAN SIBER (SEINASI-KESI 2018) Diselengggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FIK-UPNVJ). ...