Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk berbelanja di minimarket. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kota Rengat yang berbelanja di minimarket dan mempunyai daya beli. Penarikan sampel menggunakan metode Accidental Random Sampling. Jumlah sampel 157 responden. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisi faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat delapan faktor yang mempengaruhi konsumen memilih berbelanja di minimarket yaitu (1) faktor demografi, (2) faktor promosi, (3) faktor merchandise, (4) faktor ruangan, (5) faktor fasilitas, (6) faktor lokasi, (7) faktor budaya, (8) faktor karyawan. Penulis sarankan agar pihak minimarket mengetahui karakteristik dan keinginan konsumennya, dimana faktor demografi memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan keinginan konsumen untuk berbelanja pada minimarket di kota Rengat.
Copyrights © 2018