Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 7 No 4 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Desember 2018)

ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH MINIMARKET SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA PADA MINIMARKET DI KOTA RENGAT

Tomy Fitrio (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk berbelanja di minimarket. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kota Rengat yang berbelanja di minimarket dan mempunyai daya beli. Penarikan sampel menggunakan metode Accidental Random Sampling. Jumlah sampel 157 responden. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisi faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat delapan faktor yang mempengaruhi konsumen memilih berbelanja di minimarket yaitu (1) faktor demografi, (2) faktor promosi, (3) faktor merchandise, (4) faktor ruangan, (5) faktor fasilitas, (6) faktor lokasi, (7) faktor budaya, (8) faktor karyawan. Penulis sarankan agar pihak minimarket mengetahui karakteristik dan keinginan konsumennya, dimana faktor demografi memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan keinginan konsumen untuk berbelanja pada minimarket di kota Rengat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen ...