Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, dimulai dari bulan Februari sampai Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, dengan sampel sebanyak 35 mahasiswi menggunakan teknik random sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analis instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan product moment. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara faktor psikologis terhadap pencapaian (achievement) hafalan mahasiswi fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta. Dapat diketahui pula bahwasanya besaran pengaruh psikologis terhadap pencapaian (achievement) hafalan mahasiswi Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta adalah sebesar 5,56%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2019