Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kepuasan pemohon terhadap fasilitas dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai analisis kepuasan pemohon terhadap fasilitas dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. Sampel dalam penelitian adalah pemohon di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, yang berjumlah 33 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, untuk mengukur analisis kepuasan pemohon terhadap fasilitas dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. Hasil penelitian didapatkan tangible atau bukti fisik meliputi sarana dan prasarana serta kecanggihan peralatan pelayanan. Reliability (kehandalan) merupakan kemampuan aparatur dalam menyediakan pelayanan yang telah dijanjikan. Responsiveness (daya tangap) merupakan kerelaan penyedia layanan dalam menolong pengguna layanan dan memberikan pelayanan secara cepat. Assurance (jaminan) menilai kualitas pelayanan dengan melihat kemampuan penyedia layanan dalam memberikan pelayanan agar pengguna layanan merasa aman dan dapat percaya kepada aparatur. Emphaty (empati) merupakan kemampuan aparatur dalam memberikan perhatian terhadap pengguna layanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020