Jurnal TAMBORA
Vol. 5 No. 1 (2021): EDISI 12

INOVASI MANAJEMEN PENGAJARAN DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS X SMA IT SAMAWA CENDEKIAN KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2020

Harjito (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kondisi kerentanan penurunan prestasi siswa pada tingkatSekolah Menengah Atas akibat perubahan kurikulum selama satu dekade terakhir.Peranan lebih dari pendidik (Guru) sangat dibutuhkan terutama pada segi Inovasipengajarannya. Sehingga perlu dilakukan perumusan tingkat efektifitas inovasimanajemen pengajaran dalam meningkatkan prestasi siswa SMA di wilayah Sumbawatahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif yang diterapkanpada SMA Islam Terpadu Samawa Cendekia tahun ajaran Genap 2019. Adapun informandalam penelitian ini yakni Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Guru dan juga siswa.Teknik pengumpulan data melaui metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisa data menggunakan metode interaktif, penyajian data, reduksi data denganChauvenet Criterion dan digeneralisasi untuk kesimpulan. Hasil penelitian terkaitefektifitas inovasi manajemen pengajaran dalam peningkatan prestasi siswa yaitu inovasipengajaran bukan pada wujud fisik melainkan juga yang non fisik oleh guru. Perencanaanprogram dalam pengembangan potensi guru untuk menciptakan inovasi dalampembelajaran. Manajemen pengaturan kelembagaan pada struktur organisasi,pengelolaan, pengembangan potensi guru secara inovatif melalui kegiatan workshop,diklat, pelatihan inovasi dalam pengajaran, sehingga berkorelasi positif terhadap prestasisiswa. Pengawasan manajemen inovasi dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadap Guruserta supervisi oleh Pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten yang dilakukan rutinsetiap bulannya

Copyrights © 2021