Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi
Vol 1 No 1 (2017)

HUBUNGAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) CABANG BABAKAN SURABAYA

S, Nitya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2017

Abstract

Meningkatkan kualitas pelayanan yang ideal sesuai dengan 5 (lima) dimensi yaitu Reliability (Kehandalan), Assurance (Kepercayaan), Tangibles (Tampilan), Empathy(Empati), Responsiveness (Ketanggapan). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yangdigunakan adalah dengan cara library study, wawancara, observasi dan dokumentasi. Datadianalisa dengan analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan PT Pegadaian Syariahcabang Babakan telah sesuai dengan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan diatas pada kategoriReliability (ketanggapan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Fisik), Empathy (Empati),Responsiveness (Ketanggapan). Loyalitas pelanggan di PT Pegadaian Syariah CabangBabakan tetapi ada beberapa hambatan yaitu kurangnya karyawan dan membludaknyapelanggan. Bukan hanya untuk transaksi tetapi juga untuk menanyakan sesuatu hal mengenaiproduk pegadaian tanpa melakukan transaksi. Untuk staff kasir dan penaksir di kantor PTPegadaian Syariah Cabang Babakan sebaiknya di tambah mengingat banyaknya customeryang datang ke PT Pegadaian Syariah Babakan. Ini bisa membantu mengurangi waktumenunggu para pelanggan dan juga meringankan beban pekerjaan kasir dan penaksir karenapekerjaan bisa diambil alih oleh 2 atau 3 kasir dan penaksir. Informasi tentang produk-produkpegadaian sebaiknya menyiapkan ruangan dan staff khusus untuk Customer Service / Careagar pelanggan yang tidak bertransaksi tidak menganggu kasir atau penaksir yang sedangmengerjakan transaksi dari antrian-antrian pelanggan sebelumnya.  Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Customer, Pegadaian,

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

niaga

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Redaksi Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi mengundang para peneliti untuk mengirimkkan artikel ilmiah berupa kajian ilmiah, karya penelitian dan ide-ide inovasi ilmmiah di Bidang Ilmu Administrasi khususnya terkait dengan pengembangan dan inovasi ilmu, isu-isu sosial yang mendukung ...