Penelitian terinspirasi oleh masalah dan tantangan yang dialami dalam mendesain dan mengembangkan e-learning, yang berhasil berdasarkan teori paradigma pengembangan sistem informasi yang berpusat pada pengguna.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode kuantitatif dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone & McClean dengan enam indikator berupa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui gambaran penggunaan e-learning berbasis flipped classroom pada pendidikan vokasi teknik informatika. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa data kuantitatif, kualitas sistem, terlihat bahwa tingkat pencapaian responden mencapai 88,13%, dikategorikan baik. Kualitas informasi terlihat bahwa tingkat pencapaian responden mencapai 87,59% yang juga dikategorikan baik. Kualitas pelayanan terlihat bahwa tingkat pencapaian responden mencapai 87,19% dengan kategori baik. Penggunaan tingkat pencapaian responden yang mencapai 88,48% dikategorikan baik. Kepuasan pengguna yang tingkat pencapaian responden mencapai 88,02% dengan kategori baik. Keuntungan bersih yang mencapai 87,19%, dalam kategori baik. Disimpulkan bahwa e-learning berbasis flipped classroom memiliki hasil pengukuran yang baik pada semua variabel pengukuran menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone & McClean.
Copyrights © 2020