Widya Balina :Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi

Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Perbankan Syariah

Iswahyuni, Iswahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Covid-19 memberikan dampak yang cukup luas terhadap kegiatan yang dilakukan masyarakat, salah satunya adalah dampak dalam kegiatan perekonomian dalam lembaga keuangan perbankan baik dalam bank konvensional maupum bank syariah. Kegiatan perekonomian adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Definisi kegiatan ekonomi dapat juga diartikan sebagai upaya yang dilakukan manusia untuk mencapai suatu tingkatan kesejahteraan atau kemakmuran dalam hidup. Dalam karya ilmiah ini penulis akan memaparkan bagaimana dampak yang disebabkan oleh virus corona terhadap lembaga keuangan bank syariah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Karena informasi yang diperoleh dari berita berita terbaru dan sumber-sumber terpercaya, mengenai bagaimana pengaruh/dampak yang diakibatkan oleh covid-19 (corona virus). Penulis menggunakan teknik pengamatan berupa observasi terhadap berita berita yang berkaitan dengan virus covid-19 (corona).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari pandemi covid-19 terhadap sektor ekonomi, adalah 1) Pertumbuhan ekonomi indonesia bisa minus 0,4. 2) Penurunan dalam sektor ekspor dan impor. 3) Sektor UMKM 4) Nilai tukar Rupiah anjlok terhadap Dolar AS. Selain itu juga terdapat Dampak covid-19 terhadap sektor Bank Syariah: 1) Penyaluran kredit (pembiayaan). 2) Penurunan kualitas asset. 3) Pengetatan margin bunga

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The contents of the journal cover the scientific fields of Education and Economics including: Economic Education (Accounting, Office Administration and Marketing) Monetary Economy Public Economy Industrial Economy International Economy Human Resource Economics Natural Resource Economics ...