Jurnal Madani
Vol 4 No 1: Maret 2021

Pengaruh Motivasi dan Intensi Pengguna Media Sosial Terhadap Kepedulian Sosial Pada Mahasiswa Universitas Pamulang

Ibrahim Bali Pamungkas (Universitas Pamulang)
Yuliati Ningsih (Program Pasca Sarjana Magister Manajemen, Universitas Pamulang)
Angga Pratama (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

This study aims to determine the joint influence of motivation and intentions of social media users on social care. The subjects of this study were students of level 2 of the Pamulang University management study program. This research is a descriptive quantitative research. Methods of data collection using observations and questionnaires. The sampling technique used simple random sampling. The validity of the data in this study used the validity test, reliability test, and classical assumption test. The results showed that there was a positive and significant effect simultaneously between Motivation (X1) and Intention of Social Media Users (X2) on Social Concern (Y) in Pamulang University Level 2 Students of the Faculty of Economics, Management Executive Class. This is evidenced by based on the Output table above it can be explained that, the multiple linear regression equation Y = a + b1x1 + b2x2 is Y = 18.578 + 0.251 (x1) + 0.346 (x2). Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama motivasi dan intensi pengguna media sosial secara bersama-sama terhadap kepedulian sosial.Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 2 program studi manajemen Universitas Pamulang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara secara simultan antara Motivasi (X1) dan Intensi Pengguna Media Sosial (X2) terhadap Kepedulian Sosial (Y) pada Mahasiswa Universitas Pamulang Tingkat 2 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Kelas Eksekutif. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan tabel Output di atas dapat dijelaskan bahwa, persamaan regresi linear berganda Y = a + b1x1+ b2x2 adalah Y = 18,578 + 0,251(x1) + 0,346(x2). Kata Kunci: Motivasi, Intensi Pengguna Media Sosial, Kepedulian Sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini ...