MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2020): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATIONS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK SAAT BERBELANJA: (Survei Pada Pelangan Minimarket Di Denpasar, Bali)

Ilona Vicenovie Oisina (mrs)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

ABSTRAK Pemberitaan pengurangan penggunaan plastik di berbagai media terus diberitakan mengingat pentingnya informasi untuk keberlangsungan kehidupan manusia dengan menjaga lingkungan dari bahaya sampah plastik. Pemberitaan tentang bahaya plastik diharapkan menjadi sumber informasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan bahaya limbah plastik bagi lingkungan. Penyampaian pesan dari orang-orang terdekat menjadi salah satu cara yang efektif untuk merubah keputusan dalam mengurangi penggunaan plastik terutama saat berbelanja. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan pemberitaan di media online dan Word Of Mouth Communications terhadap keputusan masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications, khalayak aktif mencari informasi dari berbagai media online. Populasi adalah pelanggan minimarket Denpasar sebanyak 100 responden. Hasil yang diperoleh hubungan sangat kuat terpaan pemberitaan di media online terhadap keputusan dalam mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja koefisien korelasi sebesar 0,888. Hubungan kuat Word of Mouth Communications terhadap keputusan dalam mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja koefisien korelasi sebesar 0,743. Hasil hubungan kuat terpaan pemberitaan di media online dan Word of Mouth Communications terhadap keputusan dalam mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja dengan koefisien korelasi sebesar 0,709. Hipotesis didapatkan Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat pengaruh terpaan pemberitaan di media online dan Word of Mouth Communications terhadap pengambilan keputusan dalam mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja. Keyword: Pemberitaan di media online, Word of Mouth Communications, keputusan masyarakat, penggunaan plastik, Bali.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...